Lagi, Solidaritas untuk Saut Situmorang
Oct 20, 2015
Kalimantan Berasap, Mahasiswa gelar penggalangan Dana
Oct 28, 2015

Menjadi Nahdliyin Itu Harus Progresif: Wawancara dengan Muhammad Al-Fayyadl

MUHAMMAD AL-FAYYADL

MUHAMMAD AL-FAYYADL

MUHAMMAD AL-FAYYADL

MASYARAKAT muslim Indonesia sering kali diributkan oleh perdebatan yang seolah tanpa ujung seputar agama. Entah tentang hari raya, tentang ucapan Natal, atau soal ritus yang dianggap bid’ah1 atau bukan. Terlalu besar energi kaum muslim di Indonesia yang dikerahkan untuk mengurusi soal ritus-ritus dalam beragama, tetapi malah lupa bahwa agama juga menjadi spirit atas kemanusiaan dan pembebasan. Di tengah kondisi demikian, pemikiran dan gagasan yang keluar dari hiruk piruk perdebatan menjalani ritus beragama yang (paling) benar, menjadi layak dan relevan untuk dikedepankan. Bagaimana agama menjadi penopang bagi perjuangan rakyat untuk menegakkan amar ma’ruf nahi munkar2? Bagaimana pula kaum agamawan merespons persoalan yang ada di akar rumput ketika tanah dan air rakyat dirampas oleh ekspansi kapital?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Hendra Try Ardianto dari Literasi.co berkesempatan melakukan wawancara dengan Muhammad Al-Fayyadl, seorang nahdliyin “muda” yang sering kali bersuara dalam isu-isu menyangkut rakyat yang tertindas. Wawancara dilakukan pada periode 10 hingga 12 Oktober 2015 melalui komunikasi surat elektronik. Wawancara ini menjadi refleksi dan pelecut yang berharga bagi kita semua, secara khusus bagi kalangan nahdliyin, terutama untuk menyikapi persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat saat ini. Berikut petikan wawancara tersebut.

***

Saya mengenal Anda sebagai “gus” yang sejak kecil terdidik dalam dunia pesantren, artinya secara kultural dekat dengan kalangan nahdliyin—dan saat kuliah bergulat banyak soal filsafat, baik filsafat Barat maupun Timur.3 Tetapi, saya belum tahu, saat ini Anda masuk dalam struktur jabatan apa dan di mana? Maksud saya, pekerjaan Anda di Probolinggo apa?

Sebagai orang yang bergumul dengan “strukturalisme” dalam filsafat, pertanyaan tentang posisi “struktural” itu paling sulit. Lebih sulit lagi menjawab tentang pekerjaan, karena saya termasuk orang yang menentang division of labor (tertawa). Mungkin begini saja. “Jabatan” saya santri dan pengajar biasa. Saya bukan orang profesional. Santri tidak punya kedudukan. Dia bisa ada di mana saja. Begitu juga pengajar. Pengajar yang berguru pada kehidupan dan mengajar tentang kehidupan.

Beberapa waktu lalu, Anda dan teman-teman di Probolinggo mengadakan Pesantren Agraria di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Acara apakah itu dan apa isinya?

Acara itu kegiatan yang diadakan oleh Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA),4 sebuah jejaring lintas aktivis berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU) yang peduli terhadap persoalan-persoalan agraria dan sumberdaya di Indonesia. Sebelumnya, kegiatan pesantren agraria juga diadakan di Tebuireng, Jombang, dan insya Allah akan diadakan di tempat-tempat lain juga. Selama kegiatan itu, para santri belajar tentang kondisi-kondisi terkini terkait agraria dan sumberdaya alam yang melilit bangsa ini. Dimulai dari istighosah dan zikir bersama, dilanjutkan dengan diskusi-diskusi, nonton film, refleksi, dan ditutup dengan turun lapangan bertemu warga terdampak konflik agraria dan sumberdaya alam di kawasan Probolinggo.

Di tengah-tengah acara, kami mendengar peristiwa kematian Salim Kancil. Itu sungguh menyedihkan. Para peserta seperti dibawa menyadari bahwa seperti inilah realitasnya. Konflik agraria itu riil, bukan teori-teori belaka. Dan, berdarah-darah. Rakyat menjadi tumbal pembangunan. Sempat ketika Mas Fatkhul Khoir dari KontraS Surabaya dan Mas Aak Abdullah Kudus yang mengadvokasi kasus ini dari Laskar Hijau Lumajang bercerita tentang kronologi peristiwa, ada peserta yang sempat ciut, “Apa bisa kita menghadapi kekuatan-kekuatan besar itu?” Dan jawab para narasumber, “Bisa, asalkan kita tetap maju.” Sebagai warga NU, kita harus bangkit. Bangkit itu berarti melawan ketakutan diri kita sendiri untuk membela kebenaran, walaupun itu tidak mudah. Di situ kita saling menyemangati. Intinya, sebagai generasi muda, kita harus punya nyali, karena perjuangan kita belum seberapa kalau dibandingkan dengan pengorbanan para ulama dulu dalam mengusir penjajah. Itu sedikit cerita dari acara kemarin. Seru pokoknya!

Anda terlibat aktif di Front Nahdliyin (FNKSDA). Anda juga aktif menulis di Islam Bergerak, Daulat Hijau, Literasi.co, Indoprogress, dan situs-situs sejenis. Kelirukah saya jika menyebut Anda adalah bagian dari kalangan muda nahdliyin progresif?

Terserah mau menyebut apa. Sebenarnya, nahdliyin saja cukup. “Nahdliyin” artinya “orang-orang yang bangkit”. Dan itu progresif.

Saya beberapa kali menemukan pernyataan Anda di internet, ada kesan bahwa Anda tidak sependapat dengan kelompok “NU Islam Liberal”5, tetapi juga berseberangan dengan kelompok “NU Ortodoks” (mungkin istilah ini tidak tepat) atau biasa kita dengar klaim mereka sebagai “NU Garis Lurus”6. Jadi, jika dikategorikan, Anda ini di kategori kelompok apa? Dan, mengapa demikian?

Di NU selalu ada cerita tentang pertarungan gagasan, dari yang sifatnya opini sampai ideologi betulan. Boleh jadi kekurangsepakatan saya dengan kalangan yang Bung sebut itu pada tingkat opininya saja, boleh jadi pada tingkat ideologi atau sistem nilainya, dan itu biasa dijumpai juga pada kawan-kawan yang lain. “Islam liberal” itu ideologi, ideologinya liberalisme Islam. Liberalisme Islam ini tak hanya milik Jaringan Islam Liberal (JIL), tapi juga milik banyak kaum intelektual muslim di Dunia Ketiga. Kritik saya, khususnya terhadap yang terakhir, terdapat dalam esai di Islam Bergerak berjudul “Apa Itu Islam Progresif?”7. Saya melihat liberalisme Islam semacam itu banyak bekerja pada gagasan-gagasan tentang kebebasan, demokrasi, dan hak-hak individu, tapi tidak berhasil menunjukkan keberpihakan yang konkret bagaimana mewujudkan kebebasan, demokrasi, dan lain-lain dalam realitas keumatan. Itu karena mereka tetap berinduk pada sistem nilai kapitalisme yang orientasinya individualistis dan menghindari orientasi pembebasan. Orientasi besar mereka adalah bagaimana Islam cocok dengan kemajuan yang difasilitasi oleh kapitalisme.

Lalu, belakangan ada reaksi dari kalangan NU yang sangat fanatik pada tradisi salaf, yang memperkenalkan diri ke publik dengan nama “NU Garis Lurus”. Reaksi itu wajar dan lebih didorong oleh ketakutan-ketakutan ajaran NU akan kehilangan kekhasannya kalau terlalu terbuka mengadopsi ide dari luar. Kritik saya terhadap kalangan ini tidak banyak, karena kalangan ini bekerja untuk penguatan internal NU dari segi ajaran. Hanya, kekhawatiran saya, kalau semua orang terlalu sibuk dengan menyerang atau mempertahankan ideologi, walaupun ideologi itu baik adanya sebagaimana ajaran aswaja (ahlussunnah wal jama’ah), perhatian atas persoalan sosial akan minim. Nah, bersama kawan-kawan Front Nahdliyin dan lain-lain, kita ingin mengisi kekosongan itu. Tetapi, belum ada kategori kelompok ini. Silakan Bung saja yang mengategorikannya.

Sebelum Anda kuliah ke Prancis, Anda terlihat sangat dekat dengan Komunitas Salihara.8 Tetapi, sepulang dari Prancis, tampaknya Anda tidak terlihat lagi berdiskusi di sana. Dalam pandangan saya, ada kesan perubahan drastis sekembali dari Prancis, dengan menyuarakan suara-suara minor rakyat yang sedang tertindas. Pertanyaan saya, adakah latar belakang khusus mengapa, setelah pulang dari Prancis, Anda malah semakin progresif? Adakah sesuatu yang spesial di sana yang membentuk perjalanan intelektual Anda hingga seperti sekarang?

Itu bermula dari hubungan yang berliku dengan Goenawan Mohamad (GM), selepas saya mengutarakan kritik atas keterlibatannya mendukung Boediono pada Pemilihan Umum 2009 silam. Dulu saya melihat sosok GM sebagai intelektual “resi” yang tidak terlibat dalam kepentingan-kepentingan politik pragmatis, seperti mungkin terbaca dari karya-karya esainya. Tapi ternyata tidak, dia juga terlibat, seperti mungkin kebanyakan intelektual di Dunia Ketiga. Di situ saya mengerti relevansi tesis klasik Michel Foucault tentang relasi kuasa dan pengetahuan. Plus modal.

Setelah sempat cukup mengamati isu-isu yang menyangkut GM dan kubunya dalam masalah-masalah politik, sastra, dan wacana kebudayaan secara umum, saya berkesimpulan bahwa kondisi intelektualisme kita di Indonesia memang menuntut kita untuk terlibat. Masalahnya, terlibat untuk apa dan siapa. Untuk yang sudah mapan dan nyaman, atau yang memang butuh dibela dan didukung? Di hadapan pertanyaan itu terkadang kita tidak bisa menjadi abu-abu. Itu yang disebut Jean-Paul Sartre dalam Critique of Dialectical Reason (Kritik Nalar Dialektis) dengan “unifikasi praksis”. Jadi, kata Sartre, praksis itu muncul sering kali dalam konfrontasi konfliktual seseorang dengan orang lain. Ketidakmengertian terhadap pilihan ideologis orang lain mendorong kita merumuskan pilihan jalan praksis yang lain. Ketidakmengertian saya terhadap tindak-tanduk GM, terhadap inkonsistensinya, mendorong saya waktu itu untuk berpikir, “Oh, saya tidak bisa mengikuti dia, saya harus menempuh jalan lain.” Sejak itu, saya berjarak.

Sedangkan latar ketika belajar di negeri seberang, saya melihat bahwa pilihannya memang tidak banyak, mau menceburkan diri atau cuma jadi pengamat. Iklim kosmopolit di kampus memperkenalkan saya dengan banyak orang dari banyak latar belakang—dan rata-rata memiliki masalah politik dan orientasi pergerakan. Ada kawan dari Haiti yang sedang mendalami marxisme dan aktif untuk perjuangan pembebasan kulit hitam di negerinya. Ada yang dari suku Kurdi yang hari-hari ini mengalami represi dan juga berjuang sebagai minoritas. Kampus Université de Paris VIII sendiri juga dikenal sebagai kampus kiri. Kesempatan belajar bersama orang-orang seperti Rancière, Badiou, Negri, Cixous, Balibar, dan lain-lain juga memberi pengalaman berharga. Saya tidak tahu apa itu termasuk progresif dalam pengertian Bung. Yang jelas, di luar kampus, kerjaan saya cuma tahlilan. Orang tahlilan kok progresif! (tertawa)

Membela Saut Situmorang yang sedang dikriminalisasi Denny JA dan kawan-kawan, juga bagian dari keberpihakan itu?9

Dukungan saya terhadap Saut semata karena dia lebih layak untuk didukung.

Anda pernah menulis di Islam Bergerak tentang “Memahami Progresifnya Muhammadiyah”. Bagaimana dengan progresivitas NU sendiri? Adakah itu?

Harus dilihat dulu rentangan sejarah, orientasi ideologis, dan kepentingannya, kalau bisa pergeseran-pergeseran relasi kelasnya. Buku Greg Fealy, Ijtihad Politik Ulama, memberi gambaran yang cukup memadai tentang itu. Secara umum, tarikan “progresivitas” NU itu ada di antara kultural dan struktural, antara massa dan elite, antara jama’ah dan jam’iyyah10. Tergantung mana yang mau dilihat. Ada suatu masa ketika yang satu lebih maju daripada yang lain. Pernah dinamika politik NU menjadi sangat maju pada zamannya ketika NU menjadi partai politik—jama’ah didorong maju oleh jam’iyyah-nya. Pernah juga kemudian, konservatisme dan oportunisme merajalela—jama’ah menggugat dan memperkarakan jam’iyyah. Orientasi ideologis dan kepentingan yang berubah itu ada kaitannya dengan perubahan relasi kelasnya.

Pada awal-awal sejarahnya, NU sangat berorientasi pada kepentingan borjuis cilik, para pedagang menengah ke bawah yang terancam oleh monopoli Belanda dan Tionghoa pribumi, makanya cenderung resisten dan punya kesadaran tinggi akan perlunya kemandirian. Ini berubah ketika pada 1940-an pengaruh politik praktis mulai menarik NU dan mendorong NU ke dalam kekuasaan negara. Banyak oportunisme. Kalau membaca buku Fealy itu, mungkin kita akan kaget bahwa kader-kader NU banyak yang bermasalah, tersandung korupsi dan penyalahgunaan wewenang. Itu terjadi di akhir 1950-an ketika praktik demokrasi liberal di Indonesia lagi menguat. Oportunisme itu menimbulkan reaksi dari jama’ah yang idealis dan ingin NU tetap menjalani misi populisnya. Untuk saat ini perlu pemetaan yang lebih menyeluruh, sebenarnya bandul perjuangan NU ke mana. NU-nya bisa jadi punya potensi progresif, tapi banyak pihak yang memanfaatkan NU untuk kepentingan mereka sendiri sehingga NU dimandulkan. Secara umum, kita melihat komposisi pengurus NU sendiri hari ini sudah sangat beragam dan banyak diisi oleh kaum “profesional”. NU sedang menata diri menjadi organisasi modern. Posisi di pemerintahan juga kuat. Jadi, sangat sulit bagi NU untuk mengambil posisi oposan terhadap rezim. Potensi progresif dan ruang-ruang untuk mengekspresikan hal itu sepertinya lebih banyak ditemukan pada jama’ah yang berada di luar jalur struktural. Anak-anak muda yang tidak punya Kartanu (Kartu NU), misalnya. Atau orang-orang desa yang masih kuat amaliah NU-nya tapi mulai melek politik di tubuh NU. Hanya saja, itu harus dibangun, tidak muncul begitu saja.

Ada banyak cibiran yang dialamatkan pada struktural NU, bahwa NU telah gagal melindungi umatnya sendiri, bahkan menjadi bagian dari masalah di beberapa daerah tertentu. Argumen ini saya dasarkan pada, di Jawa saja, nyaris korban konflik-konflik ekologi-agraria yang terjadi rata-rata adalah warga nahdliyin. Di Urutsewu, Rembang, Pati, dan Lumajang, perlawanan dengan istighosah dan sholawatan11 berkumandang begitu kencang. Tetapi, ternyata tak ada gayung bersambut sedikit pun dari kalangan pemimpin struktural NU. Menurut Anda, apa yang terjadi dengan NU sekarang ini? Mengapa bisa demikian?

Ada banyak faktor. Yang jelas, sejumlah pihak yang memiliki pengaruh di NU, baik sebagai pengurus maupun tokoh, ada yang juga kecipratan menikmati “berkah”-nya perusahaan yang bermasalah di area-area konflik, atau malah proaktif mempromosikan perusahaan yang akan menambang dengan kedok “pemberdayaan ekonomi” atau penyaluran corporate social responsibility (CSR). Itu cerita seorang kiai besar di Rembang suatu saat menjelang muktamar. Para kiai dan tokoh agama setempat didatangi oleh orang-orang perusahaan dengan segepok uang. Beliau tentu saja menolak, tetapi tak tertutup kemungkinan banyak pihak lain yang menerima, sedikit atau banyak. Permainannya sangat kotor. Segala cara ditempuh pabrik tambang untuk menghalalkan tujuannya.

Keadaan ini menyandera pemihakan sebagian tokoh NU terhadap warganya. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tidak selamanya bisa merespons cepat situasi. Dugaan saya, selain ada yang menghalang-halangi, ada faktor komunikasi. Tidak ada tim yang diterjunkan ke area konflik dan memberi laporan memadai. Selain itu, mungkin pihak PBNU berpikir, keterlibatan pengurus NU di tingkat lokal sudah dianggap cukup. Kita bisa memahami besarnya harapan publik terhadap NU, karena NU punya banyak kekuatan di birokrasi, di partai politik, dan di sektor-sektor lain. Kalau kekuatan itu dikerahkan untuk terjun menyelesaikan persoalan keumatan yang kondisinya parah seperti ini, pasti dahsyat. Tetapi, suka atau tidak suka, NU hari ini bagian dari status quo.

Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 adalah resolusi yang dikeluarkan oleh PBNU kala itu, tepatnya oleh Rois Akbar NU Hadratush Syaikh Kiai Haji Hasyim Asy’ari. Saya menilai resolusi ini masih sangat relevan untuk kondisi Indonesia sekarang, dengan kontektualisasi tentu saja. Di zaman itu, saya yakin juga banyak ustaz atau kiai yang hanya mau ceramah moral saja, sebagaimana sekarang banyak menjamur ustaz televisi yang cuma ceramah soal moral (biasanya mereka juga berprofesi sebagai pebisnis). Pun, tentu di tahun-tahun revolusi ada ustaz atau kiai yang berafiliasi dengan Pan-Islamisme, mirip dengan sekarang yang suara kecaman atas Israel lebih keras daripada atas penindasan warga Urutsewu, Rembang, Mesuji, dan lain-lain. Nah, menurut Anda, mengapa tawaran NU malah Islam Nusantara, bukan Islam ala Resolusi Jihad Kiai Hasyim Asy’ari? Bukankah kondisi rakyat Indonesia sekarang juga sedang porak-poranda oleh ekspansi kapital, mirip dengan kolonialisme dulu?

Kebetulan, hari-hari ini NU merayakan Resolusi Jihad. Momentumnya peringatan Hari Santri. Ini momentum baik sebenarnya untuk memaknai ulang jihad. Hanya saja, kekhawatiran saya, ini akan jadi seremonial belaka. Mudah-mudahan tidak. Untuk mengerti benar makna jihad, kita mesti tahu kita akan berjihad lawan siapa dan dengan cara apa? Jadi, musuh dan sarananya harus jelas. Front Nahdliyin beberapa waktu lalu bikin acara cukup besar saat muktamar, Bung juga menghadiri, temanya digagas oleh Gus Roy Murtadho dan kawan-kawan, judulnya “Jihad Melawan Kapitalisme”. Ini baru jelas musuhnya. Pemetaan atas musuh bersama yang mau dijihadi ini penting, karena musuh kita saat ini luar-dalam dan bermetamorfosis dalam banyak bentuk. Kapital itu beda dengan dulu, tidak punya bentuk formal yang tunggal. Wong semua orang kecipratan. Musuhnya jadi bukan saja kelas kapitalis yang gede, melainkan juga siapa saja yang bekerja untuk kelangsungan infrastruktur kapital itu sendiri. Jadi, mau tidak mau, perlu penyadaran yang lebih massif, melalui dialog, ngumpul-ngumpul, aksi solidaritas, dan seterusnya. Hemat saya, di situ peran NU ditunggu. Andaikan NU sudah punya pemetaan yang jelas, aksi yang mau diorganisir dalam rangka memaknai “resolusi jihad” akan nyambung dengan aksi-aksi di tempat lain.

Sebenarnya wacana Islam Nusantara tidak kontradiktif dengan Resolusi Jihad. Dalam sejarahnya kan ada dua Resolusi Jihad, yang pertama Oktober 1945, lalu Resolusi Jihad II pada Maret 1946. Keduanya diikat oleh semangat mempertahankan “agama dan kedaulatan negara Republik Indonesia merdeka”. Jadi, mempertahankan Islam Nusantara itu sendiri. Kalau negara kalah oleh penjajahan asing, umat Islam-nya kalah, agama juga ikut kalah. Begitu logikanya. Jadi, bagi Resolusi Jihad, hubbul wathon minal iman yakni mempertahankan kedaulatan negeri itu sama dengan mempertahankan agama. Sekarang perlu pemaknaan ulang, “kedaulatan” apa yang dimaksud? Kita spesifikkan saja, kedaulatan sumberdaya alam, misalnya. Itu baru konkret. Agenda perjuangan NU ke depan ke arah itu.

Islam Nusantara itu sendiri, kalau kita gali, punya dimensi kedaulatan sumberdaya yang kuat—dan itu antitesis terhadap kapitalisme yang, benar kata Bung, melanjutkan kerja-kerja kolonialisme. “Nusantara” itu gagasan tentang bumi dan air, serta keanekaragaman adat-istiadat rakyat dalam mengelola alamnya. Jadi, kapitalisme yang seragam dan terpusat pada segelintir orang itu sangat tidak “Nusantara”. Jadi, kita bikin lagi saja rumusannya. Menegakkan Islam Nusantara dengan resolusi jihad, jilid baru.12

Terakhir, menurut Anda, bagaimana seharusnya menjadi warga nahdliyin yang hakiki?

Tidak ada nahdliyin hakiki-tidak hakiki. “Nahdliyin” itu sendiri sebenarnya bukan kesadaran diri. Itu awalnya merupakan julukan yang diberikan pengamat atau orang luar terhadap siapa saja yang punya latar belakang ke-NU-an dan pesantren. Baru belakangan muncul gelombang kesadaran dan afirmasi diri, “Ini lho NU, ini aku orang NU”, dan seterusnya. Itu muncul seiring kesadaran atas peran NU dalam sejarah bangsa, yang dulu tidak banyak ditulis dan dikenal oleh orang NU sendiri, dan juga peran-peran pesantren dan kiai-kiai lokal di wilayah masing-masing. Ada kebanggaan yang muncul sebagai orang NU, sampai NU mengusulkan Hari Santri itu contohnya. Walaupun saya pernah mengkritisi, hati-hati jangan sampai kebanggaan itu justru menjerumuskan. NU perlu lebih tawadhu’ (rendah hati) atas sejarah dirinya.

NU tidak lepas dari pesantren. Jadi, representasi ke-NU-an biasanya dilekatkan pada representasi kepesantrenan. Dengan demikian, untuk tahu bagaimana rasanya menjadi warga nahdliyin, minimal mondok. Bung pernah mondok juga kan? (tertawa) Berarti Bung tahu jawabannya.

Saya ingin ada satu kesimpulan. Berarti menjadi nahdliyin itu harus progresif?

Jelas itu. “Nahdliyin” itu “orang-orang yang bangkit”, kan. []

Biodata Muhammad Al-Fayyadl

Pria kelahiran Oktober 1985 ini sejak kecil menghabiskan masa pendidikan di pesantren, mulai Pesantren Nurul Jadid di Kecamatan Paiton, Probolinggo, Pesantren Nurul Qur’an di Kecamatan Kraksaan, Probolinggo, sampai Pesantren Annuqayah di Kabupaten Sumenep, Madura. Dia menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogykarta, dan menyelesaikan gelar master di Université de Paris VIII (Vincennes-Saint-Denis), Jurusan Filsafat dan Kritik Kontemporer Kebudayaan, Prancis. Sejak sekolah menengah atas, dia sudah rajin menulis di koran. Dia kini telah menerbitkan beberapa buku, di antaranya Derrida (2005) dan Teologi Negatif Ibn ‘Arabi: Kritik Metafisika Ketuhanan (2012). Selain sebagai pengasuh dan pengajar di Pesantren Nurul Jadid, saat ini Fayyadl—panggilan akrabnya—juga bergiat di Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA). Beberapa tulisan progresif yang menyuarakan ketidakadilan dan ketertindasan rakyat bisa ditemukan diberbagai situs web, antara lain, Islam Bergerak (www.islambergerak.com), Literasi.co (www.literasi.co), Indoprogress (www.indoprogress.com), dan Daulat Hijau (www.daulathijau.org).

Catatan kaki:

1. Bid’ah adalah ajaran/peribadatan yang tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad dan para sahabat.

2. Pengertian amar ma’ruf nahi munkar adalah menegakkan kebenaran (kebajikan), melawan kezaliman (keburukan).

3. Lihat biodata Muhammad Al-Fayyadl di atas.

4. Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya Alam (FNKSDA), atau biasa disebut Front Nahdliyin, adalah jejaring aktivis berlatar belakang NU. FNKSDA bukan merupakan badan/lembaga dalam struktural NU. Media informasi dan komunikasi Front Nahdliyin bisa diakses di www.daulathijau.org.

5.
“Islam liberal” sebenarnya bukan gagasan baru, dia lahir dan tumbuh di banyak negara dalam konteks pembaharuan gagasan Islam agar lebih plural dan tidak dogmatis (tidak mudah menghakimi kelompok lain). Sedangkan Jaringan Islam Liberal (JIL) merupakan jejaring para sarjana dan ahli dalam bidang Islam, yang bertujuan melakukan liberalisasi pemikiran dalam konsep-konsep keislaman, yang menurut mereka tersandera oleh gagasan-gagasan ortodoks. Ulil Abshar Abdalla dan Luthfi Assyaukanie adalah dua nama di antara beberapa tokoh JIL. Media informasi dan komunikasi JIL bisa diakses di www.islamlib.com.

6.
NU Garis Lurus adalah kelompok kalangan nahdliyin yang bercita-cita melakukan purifikasi atas ajaran NU agar sesuai dengan tuntunan Kiai Haji Hasyim Asy`ari yang murni Sunni Syafi’i dan menolak ide-ide sekularisme, pluralisme, dan liberalisme. Gerakan ini bisa dikatakan sebagai antitesis dari gerakan JIL. Informasi dan komunikasi gerakan ini bisa dilihat di www.nugarislurus.com.

7.
Tulisan “Apa itu Islam Progresif?” bisa dibaca di islambergerak.com/2015/07/apa-itu-islam-progresif/.

8
. Komunitas Salihara adalah kelompok kesenian “mapan” yang berpusat di Jalan Salihara, di atas lahan seluas 3.800 meter persegi, Jakarta. Informasi komunitas ini bisa diakses di www.salihara.org. Goenawan Mohamad adalah salah satu tokoh penting dalam komunitas ini. Adapun kedekatan Fayyadl dengan Komunitas Salihara bisa dilihat dari buku Derrida (2005), yang diberi kata pengantar oleh Goenawan Mohamad (GM). Setelah itu, Fayyadl mulai sering diundang diskusi di Komunitas Salihara sampai medio 2009. Fayyadl sendiri awalnya merupakan pengagum, atau tepatnya pembaca setia, “Catatan Pinggir”, kolom tetap GM di majalah Tempo. GM dianggap selalu memberi refleksi jernih atas berbagai persoalan. Tetapi, setelah GM memiliki orientasi/dekat dengan kelompok penguasa, Fayyadl menilai tak layak lagi “Catatan Pinggir” ditulis oleh orang yang bukan pinggiran atau berada di pusat kekuasaan. Di titik itulah mereka berpisah.

9.
Dukungan Fayyadl atas Saut Situmorang bisa dibaca di tulisan “Andai Saut Situmorang Dipenjara”. Lihat di literasi.co/Andai-Saut-Situmorang-Dipenjara.

10.
Jama’ah” dan “jam’iyyah” sesungguhnya memiliki arti yang sama, yakni “perkumpulan”. Dalam konteks wawancara yang dimaksud, jama’ah merujuk pada massa (kultural) nahdliyin, sedangkan jam’iyyah merujuk pada pengurus (struktural) Nahdlatul Ulama.

11.
Istighosah adalah doa untuk meminta pertolongan ketika keadaan sukar dan sulit, sedangkan sholawatan adalah membaca doa dan pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW.

12.
Saat Fayyadl masih kuliah di Prancis, Front Nahdliyin sebenarnya telah menggaungkan Resolusi Jihad Jilid II pada 8 Desember 2013 di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Lihat di daulathijau.org/?p=157.

Hendra Try Ardianto
Hendra Try Ardianto
Pelajar Politik

71 Comments

  1. Floor Plans says:

    Hey, you used to write excellent, but the last several posts have been kinda boring¡K I miss your great writings. Past few posts are just a little out of track! come on!

  2. I just could not go away your website prior to suggesting that I actually loved the standard info an individual provide in your guests? Is going to be again often to check out new posts

  3. You made various fine points there. I did a search on the topic and found nearly all folks will agree with your blog.

  4. dry wizard says:

    Well, to put it simply there is no reason why this post shouldn’t receive a ton of attention as we’re all trying to represent our skills and contribute knowledge accordingly.

  5. porno says:

    117595 278843An extremely intriguing examine, I may possibly possibly not concur entirely, but you do make some really valid points. 656926

  6. Well I really liked reading it. This tip procured by you is very useful for proper planning.

  7. Thanks for the sensible critique. Me and my neighbor were just preparing to do a little research about this. We got a grab a book from our area library but I think I learned more from this post. I’m very glad to see such excellent information being shared freely out there.

  8. This really is excellent! It exhibits me personally where you can increase my personal weblog. I believe which at some point later on I would attempt to create the guide in order to accompany my personal weblog, however we will have. Great publish along with helpful ideas as well as suggestions.

  9. I’ve been browsing on-line greater than three hours lately, but I never found any interesting article like yours. It¡¦s lovely value sufficient for me. In my view, if all site owners and bloggers made excellent content as you probably did, the net might be much more useful than ever before.

  10. Protein Diet says:

    Wow! Thank you! I continually wanted to write on my website something like that. Can I include a part of your post to my blog?

  11. Wood Panel says:

    I think this is one of the most important info for me. And i’m glad reading your article. But wanna remark on some general things, The website style is great, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

  12. I’m very happy to read this. This is the kind of manual that needs to be given and not the accidental misinformation that’s at the other blogs. Appreciate your sharing this best doc.

  13. Basketball says:

    I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but definitely you’re going to a famous blogger if you aren’t already ;) Cheers!

  14. Good blog! I really love how it is simple on my eyes and the data are well written. I am wondering how I might be notified when a new post has been made. I have subscribed to your RSS feed which must do the trick! Have a nice day!

  15. You are a very intelligent individual!

  16. I genuinely like your writing style, excellent info, appreciate it for posting : D.

  17. Awsome article and straight to the point. I am not sure if this is in fact the best place to ask but do you guys have any ideea where to get some professional writers? Thx :)

  18. As I site possessor I believe the content matter here is rattling excellent , appreciate it for your efforts. You should keep it up forever! Best of luck.

  19. Learn about the cycles of the moons and hte movement of the planets. Be sure to make alchemical elixirs in accordance with nature.

  20. I want to get across my admiration for your kind-heartedness supporting men and women who really want guidance on this important field. Your personal dedication to getting the solution all around became remarkably beneficial and has usually allowed regular people just like me to get to their pursuits. This helpful suggestions signifies a lot to me and much more to my office workers. Thanks a ton; from each one of us.

  21. Excellent beat ! I would like to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a blog web site? The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

  22. Hi, Neat post. There’s a problem with your site in internet explorer, might check this¡K IE still is the market leader and a huge portion of other people will leave out your fantastic writing due to this problem.

  23. I will immediately snatch your rss feed as I can not find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you’ve any? Kindly allow me recognize in order that I may just subscribe. Thanks.

  24. Stand Banner says:

    I like this internet internet site because so significantly utile stuff on here : D.

  25. You can find various agencies which deals with evidences located at a crime scene. Police use it for investigation, prosecuting attorney presents it before court of law as nicely as a forensic science technician analyzes evidences thoroughly to assist other agencies in criminal procedure. A forensic science technician conducts comprehensive chemical and physical study of evidence submitted by a law enforcement agency

  26. As a Newbie, I am constantly browsing online for articles that can be of assistance to me. Thank you

  27. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!

  28. Car Reviews says:

    I have been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this web site. Reading this information So i am glad to show that I have an incredibly just right uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I so much indubitably will make sure to don¡¦t disregard this site and provides it a glance on a relentless basis.

  29. nail design says:

    Chaga mushroom tea leaf is thought-about any adverse health elixir at Spain, Siberia and plenty of n . Countries in europe sadly contains before you go ahead significantly avoidable the main limelight under western culture. Mushroom

  30. Thank you for any other fantastic article. The place else may anyone get that kind of info in such a perfect way of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such info.

  31. This is the kinda post I was searching for. Sometimes I can’t find what I’m looking for from Bing but it seems this time it worked for me! Thanks for your help.

  32. Well I sincerely liked reading it. This article provided by you is very helpful for correct planning.

  33. Very well written story. It will be valuable to anyone who usess it, including yours truly :). Keep doing what you are doing – looking forward to more posts.

  34. Thanks for some other fantastic post. Where else may anybody get that type of information in such an ideal approach of writing? I have a presentation subsequent week, and I am on the look for such info.

  35. Heya i’m for the first time here. I found this board and I find It truly useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and aid others like you helped me.

  36. I just couldn’t go away your site before suggesting that I extremely loved the usual info a person supply for your visitors? Is gonna be again often in order to investigate cross-check new posts

  37. visit says:

    the time to study or visit the material or websites we’ve linked to beneath the

  38. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a blog site? The account helped me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

  39. I just want to tell you that I am all new to blogging and honestly enjoyed this page. Probably I’m want to bookmark your blog . You certainly come with amazing article content. With thanks for sharing with us your website page.

  40. Hi there, just became alert to your blog through Google, and found that it is truly informative. I am going to watch out for brussels. I’ll be grateful if you continue this in future. Many people will be benefited from your writing. Cheers!

  41. hey there and thank you for your information – I have certainly picked up something new from right here. I did however expertise some technical issues using this site, as I experienced to reload the site lots of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and could damage your high quality score if ads and marketing with Adwords. Anyway I’m adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective intriguing content. Make sure you update this again very soon..

  42. great issues altogether, you simply won a logo new reader. What may you recommend in regards to your put up that you simply made a few days in the past? Any sure?

  43. I like the valuable info you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here regularly. I’m quite sure I will learn plenty of new stuff right here! Good luck for the next!

  44. hello there and thank you for your information – I have definitely picked up something new from right here. I did however expertise a few technical issues using this website, as I experienced to reload the website lots of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will often affect your placement in google and could damage your high-quality score if advertising and marketing with Adwords. Anyway I am adding this RSS to my e-mail and can look out for much more of your respective fascinating content. Make sure you update this again soon..

  45. Health Care says:

    Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is wonderful, as well as the content!

  46. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was good. I do not know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!

  47. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely helpful info specially the last part :) I care for such info a lot. I was looking for this certain information for a very long time. Thank you and best of luck.

  48. I simply want to say I am all new to blogging and seriously liked your page. Likely I’m want to bookmark your blog . You absolutely have good stories. Thanks a lot for sharing your website.

  49. Somebody essentially help to make seriously articles I’d state. This is the very first time I frequented your web page and so far? I surprised with the analysis you made to make this actual submit incredible. Wonderful job!

  50. Hi, Neat post. There is a problem together with your site in web explorer, might test this¡K IE still is the market chief and a good portion of other people will miss your magnificent writing due to this problem.

  51. hi!,I love your writing so so much! percentage we keep up a correspondence extra about your article on AOL? I require an expert on this space to solve my problem. Maybe that’s you! Taking a look forward to peer you.

  52. You can definitely see your skills in the work you write. The arena hopes for more passionate writers such as you who are not afraid to mention how they believe. All the time follow your heart.

  53. I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this web site. Thanks , I¡¦ll try and check back more frequently. How frequently you update your web site?

  54. good page says:

    I simply want to tell you that I am new to blogs and actually savored you’re blog. Likely I’m going to bookmark your blog . You absolutely come with exceptional writings. Bless you for sharing with us your web-site.

  55. Car Audio says:

    I and my guys happened to be taking note of the best thoughts from the blog then the sudden came up with a horrible feeling I had not expressed respect to you for those strategies. All of the young boys became totally very interested to see all of them and have in effect truly been having fun with these things. I appreciate you for simply being well considerate and for finding variety of exceptional areas most people are really desperate to be aware of. My very own sincere regret for not expressing appreciation to you earlier.

  56. I have been exploring for a little bit for any high quality articles or weblog posts on this sort of area . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this website. Studying this info So i¡¦m glad to convey that I have an incredibly just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I most indisputably will make certain to don¡¦t forget this site and give it a look on a constant basis.

  57. Awsome info and right to the point. I don’t know if this is really the best place to ask but do you guys have any ideea where to hire some professional writers? Thx :)

  58. Health News says:

    Thank you for every other great article. The place else may anyone get that kind of information in such an ideal means of writing? I’ve a presentation subsequent week, and I’m on the search for such info.

  59. I just want to tell you that I am beginner to blogging and definitely loved you’re blog. Almost certainly I’m want to bookmark your blog post . You amazingly come with fabulous writings. Thank you for revealing your web-site.

  60. Valuable info. Fortunate me I found your site accidentally, and I’m surprised why this accident did not took place earlier! I bookmarked it.

  61. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you aren’t already ;) Cheers!

  62. You made some good points there. I did a search on the subject matter and found most guys will approve with your website.

  63. I just want to mention I am very new to weblog and certainly savored your web page. Almost certainly I’m planning to bookmark your website . You absolutely have fabulous stories. Thanks for sharing with us your web page.

  64. Hello there, You’ve done a great job. I will certainly digg it and personally recommend to my friends. I am sure they will be benefited from this site.

  65. I think other web-site proprietors should take this site as an model, very clean and great user friendly style and design, as well as the content. You’re an expert in this topic!

  66. I just want to tell you that I am newbie to blogging and site-building and honestly savored you’re blog. Most likely I’m planning to bookmark your blog . You amazingly have fantastic posts. Thanks a bunch for revealing your blog.

  67. I just want to tell you that I’m new to blogs and seriously savored your web-site. Very likely I’m want to bookmark your website . You definitely have wonderful articles and reviews. With thanks for sharing with us your web site.

  68. I just want to say I’m newbie to blogging and site-building and absolutely savored you’re web blog. Most likely I’m likely to bookmark your website . You actually come with impressive stories. Thanks for sharing your webpage.

  69. I just want to tell you that I am beginner to blogging and site-building and actually liked you’re web blog. Very likely I’m want to bookmark your blog . You amazingly come with remarkable articles. Kudos for sharing your website.

  70. Some truly marvellous work on behalf of the owner of this website , dead great content material.

  71. website link says:

    I just want to say I’m beginner to blogging and absolutely enjoyed this website. Likely I’m want to bookmark your blog . You absolutely come with great article content. Thanks a lot for sharing your web site.